Perangkat input
adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data
yang akan diproses olah program atau komputer. Semakin berkembangnya teknologi
informasi maka semakin banyak pula peralatan input yang dapat kita hubungkan ke
komputer.
1.
Keyboard
Keyboard
adalah seperagkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan komputer.
Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Keyboard dengan desain yang baik adalah keyboard
yang memungkinkan kita dapat bekerja dengan nyaman. Tombol-tombol keyboard
tersebut memungkinkan kita dapat bekerja dengan nyaman.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari
model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
2.
Mouse
Sejak diperkenalkanmya komputer dengan tampilan
grafis, mouse menjadi peraalatan yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah
komputer. Mouse digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan
menjalankan sebuah perintah.
Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak
sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat di mouse. Saat ini, fungsi bola
kecil di mouse sudah banyak digantikan dengan cahaya inframerah.
Pada
bagian mouse terdapat tiga tombol, tetapi kebanyakan hanya dua tombol
digunakan. Tombol ketiga di mouse telah digantikan dengan scroll yang dapat
digunakan untuk menggeser tampilan layar.
Mouse berfungsi sebagai alat untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Jika kita menggerakkan bola kecil yang
tersebut dalam arah horisontal, pointer akan bergerak dalam arah horisontal.
Demikian pula jika kita menggerakkan mouse dalam areah vertikal, pointer mouse
akan bergerak dalam arah vertikal. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung
(scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan dan tidak menimbulkan efek apa-apa. Tombol kiri kebanyakan digunakan
untuk menjalankan sebuah perintah. Sedangkan tombol kanan kebanyakan digunakan
untuk menampilkan menu pop-up.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser
(drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil
digeser.
Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
3.
Joy stick
Joystick adalah peralatan yag digunakan untuk
menjalankan program game di komputer. Menggunakan joystick akan terasa lebih
seru dan menyenangkan, terutama pada game-game simulasi yang memancing kita
untuk ikut bergerak, game balap motor, balap mobil, perang dengan menggunakan
pesawat tempur, dan sebagainya.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
4.
Scanner
Scanner
digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses
scanning tersebut, kita akan mendapatkan sebuah file gambar.
Saat ini,
scanner tidak hanya digunakan untuk memindai foto atau gambar tetapi
digunakan untuk memindai teks. Kita dapat menscan teks, kemudian dengan bantuan
program Omni Pages, kita dapat mengubah file gmbar yang dihasilkan scanner
menjadi file dokumen. Selanjutnya, kita dapat mengedit teks di file dokumen
tersebut.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang
biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang
biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang
dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam
bentuk teks.
5.
Bar
Code Reader
Bar
Code Reader adalah mesin pembaca kode dalam bentuk kumpulan batang. Metode
pengkodean yang dinyatakan dalam bentuk garis-garis yang berbeda satu sama lain
dan pembacaannya dilakukan dengan bantuan sarana optik yang disebut dengan
barcode reader. Biasanya digunakan dalam pengkodean barang di supermarket, kartu,
kode pos pada amplop, dsb.
6.
Voice
Recoghnitien
Voice Recohnitien adalah pengenal suara. Kemampuan
mengenal secara spesifik suara individual, mirip dengan pengenalan sidik jari.
Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan
oleh manusia. Dalam
pengaplikasiannya
dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi perintah kepada komputer
secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat menulis surat tanpa perlu
mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini
banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari I.
7. Touch Screen
Touch
Sreen adalah layar sentuh. Layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui
sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada touch screen adalah
berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon
terhadap suatu sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.
8.
Kamera
Digital
Kamera Digital adalah perangkat yang dapat menghasilkan
foto digital yang dapat langsung dikirim ke komputer.
Dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman
gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan
kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar
yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut
dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai
dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat
merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
9.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara
10. Light Pen
Light
Pen merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima
masukannya. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel
tersebut dihubungkan langsung ke computer. Cara kerja alat ini adalah sebagai
berikut: Bila ujung pena ini kita bawa ke layar monitor, sampai dengan jarak
yang cukup dekat, maka apabila kita menggerakan pena ini di layar, akan
terdapat gambar ataupun tulisan hasil goresan yang kita buat tadi.
11. Digitizer
Digitizer
adalah iranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat
dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke
layar komputer.
12.
Trackball
Trackball
adalah peralatan input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse.
mantap gan.. :)
ReplyDelete