Internet, Peranan, dan Dampakya Terhadap Siswa

A.   Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjamahakan secara langsung berarti jaringan yang saling berhubungan. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubunkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Saat ini diperkirakan terdapat ratusan ribu jaringan lokal yang terhubung ke internet.
Perkembangan penggunaan internet di Indonesia tidak kalah cepat  jika di banding dengan negara-negara lain. Pada tahun 1995 pengguna internet di Indonesia mencapai 10.000 orang. Jumlah ini meningkatkan 10 kali lipat pada tahun 1997. Penggunaan internet pun terus berkembang sampai saat ini. Diseluruh dunia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-15. Sedangkan untuk kawasan Asia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar kelima di bawah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan.
Agar dapat terhubung dengan internet, sebuah komputer harus dilengkapi dengan perangkat-perangkat keras sebagai alat komunikasi komputer dengan internet dan perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Selain itu, agar dapat terkoneksi dengan internet, kita harus menggunakan layanan koneksi internet dari sebuah perusahaan jasa layanan internet.

B.   Pengertian Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh.
Tujuan dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni bekerja dengan sama mitra-mitra lainnya.
Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya saja Universitas Terbuka.
Penggunaan teknologi informasi dalam menunjang suatu sistem pendidikan jarak jauh harus diperhatikan dari bentuk pendidikan yang diberikan. Suatu kursus bahasa Inggris salah satunya, pada akhir sekolah siswa dituntut untuk mempunyai reading dan listening skill yang baik, untuk itu medianya dapat berupa sound, gambar dan bentuk multimedia lainnya yang dapat di kirimkan melalui internet.

C.   Faktor yang Harus Terpenuhi Sebagai Media Belajar Jarak Jauh
Faktor utama dalam Pendidikan jarak jauh secara online yang dikenal sebagai distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan siswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara guru dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara diatas interaksi guru dan siswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administratif juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.
Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain sebagai berikut.
1.      Institusi Penyelenggara
Agar dapat memanfaatkan internet sebagai media belajar, institusi penyelenggara harus memiliki komitmen yang kuat. Hal ini ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung. Institusi juga harus menyediakan dana yang cukup demi terselenggaranya pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan internet.
Institusi harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya proses belajar. Di samping itu, institusi juga harus menyediakan sumber daya manusia dan keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar-mengajar yang baik.
2.      Pengajar
Keberhasilan proses belajar jarak jauh sangat tergantung kepada para pengajar. Para pengajar harus mempunyai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses belajar-mengajar. Para pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar menarik dan mudah dipahami. Karena bagaimanapun, belajar melalui internet tidaklah sama dengan belajar secara konvensional.
Para pengajar juga perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan. Dengan demikian, para pengajar dapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif kepada para siswa yang diajarkannya..
3.      Siswa
Siswa harus mempunyai komitmen dalam proses belajar. Selain itu, siswa harus dilengkapai dengan kemampuan untuk menggunakan internet. Selain itu, siswa juga harus memiliki kemauan untuk belajar.  Dengan demikian, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.
4.      Teknologi
Faktor teknologi juga merupakan faktor yang penting bagi terselenggaranya belajar jarak jauh dengan menggunakan internet. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan untuk dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai. Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.

D.   Peranan Internet Bagi Siswa
Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni : (1) sebagai sumber data dan informasi, dan (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai  sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses informasi apa pun di internet. Contohnya saja, siswa yang mengalami kesulitan dalam dalam sebuah matapelajaran atau ada hal yang ingin diketahuinya, siswa tersebut tinggal mencari informasi di internet dengan memasukkan  alamat website yang berhubungan dengan matapelajaran tersebut. Situs yang berhubungan dengan matapelajaran tersebut pun akan dimunculkan, tinggal mencari penjelasan yang diinginkan. Bahkan, jika ingin, kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar dapat diakses oleh orang lain.
Dengan menggunakan internet kita dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan sedang berkembang secara cepat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita dapat menyebarkan (publish) informasi yang bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yang sangat luas yaitu mIRC
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua computer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang singkat.
Prioritas yang tinggi untuk membangun fasilitas komputer diseluruh sekolah-sekolah di Indonesia dan adanya jarak yang cukup jauh antara sekolah provinsi di Indoesia, sepertinya Internet pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi antar sekolah, Kanwil, Kandep, dan DEPDIKNAS yaitu dapat dilakukan lewat Internet. Beberapa sekolah telah mengambil inisiatif untuk membangun fasilitas mereka sendiri. Berdasarkan langkah yang sudah ada ini, dan membiarkan hal itu berkembang sendiri yaitu tetap konsisten akan kebutuhan belajar siswa kita, maka Internet sebagai strategi yang sesuai untuk menjadi medium komunikasi yang sah.
Pendidikan jarak jauh secara online mengatasi keterbatasan yang ada pada jenis-jenis pendidikan jarak jauh yang lain (yang sebenarnya juga sudah sarat teknologi), yaitu pendidikan jarak jauh dengan satelit serta teknologi televisi. Pada kedua teknologi di atas, siswa masih harus berjalan ke fasilitas-fasilitas pendidikannya; sedangkan peralatannya bersifat khusus dan mahal. Kini dengan pendidikan jarak jauh online lewat internet, siswa dapat belajar sendiri dari rumah dengan peralatan komputer sendiri.
Perkembangan teknologi selalu mempunyai peran yang sangat tinggi dan ikut memberikan arah perkembangan dunia pendidikan. Dalam sejarah perkembangan pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu, seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang direkam pada kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.

E.   Dampak Positif Internet Bagi Siswa
Internet memiliki banyak dampak positif dan dampak positifnyalah yang sangat diinginkan dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar, terutama bagi siswa, beberapa diantaranya  adalah sebagai berikut :
1.    Bertambahnya pengetahuan siswa karena data yang terdapat di internet tidak terbatas;
2.    Tidak sulit mendapkan informasi;
3.    Pertukaran informasi lebih mudah;
4.    Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian;
5.    Dengan pengetahuan yang didapatkan dari internet dapat melahirkan siswa-siswa yang berprestasi;
6.    Siswa tidak perlu mencari banyak buku untuk untuk mendapatkan data. Cukup melalui internet, semua data yang diinginkan atau diperlukan tersedia dan tinggal kita ditelusuri;
7.    Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain;
8.    Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia, dll.

F.    Dampak Negatif Internet Bagi Siswa
Dampak positif internet bagi siswa sangat banyak, tapi dampak negatifnya pun tidak kalah banyak dan satu hal, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Mengurangi uang kita ntuk mendapatkan informasi dalam internet karena memerlukan biaya;
2.      Karena banyaknya situs-situs di internet, dapat membuat siswa tertarik untuk membuka situs yang mengacu pada hal-hal yang berbau porno;
3.      Siswa yang suka membuka situs porno akan merusak moralnya sendiri sebagai seorang pelajar;
4.      Game-game yang ada di internet dapat membuat siswa lupa untuk belajar karena ketagihan;
5.      Karena lupa pelajaran yang disebabkan oleh ketagihan main game dapat membuat nilai siswa menurun, dll.
Contoh diatas merupakan sebagian saja dari dampak negatif dari internet bagi suatu siswa dan masih banyak dampak negatif yang lain, tinggal kita yang harusnya menyadari agar penggunaan internet tidak disalah gunakan karena dapat menimbulkan dampak negatif.



0 Response to "Internet, Peranan, dan Dampakya Terhadap Siswa"

Post a Comment