A. Pengertian Internet
Internet
merupakan singkatan dari Interconnected
Network. Jika diterjamahakan secara langsung berarti jaringan yang saling
berhubungan. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang
lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena
internet menghubunkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di
seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Saat ini
diperkirakan terdapat ratusan ribu jaringan lokal yang terhubung ke internet.
Perkembangan
penggunaan internet di Indonesia tidak kalah cepat jika di banding dengan negara-negara lain.
Pada tahun 1995 pengguna internet di Indonesia mencapai 10.000 orang. Jumlah
ini meningkatkan 10 kali lipat pada tahun 1997. Penggunaan internet pun terus
berkembang sampai saat ini. Diseluruh dunia, Indonesia merupakan negara dengan
jumlah pengguna internet terbesar ke-15. Sedangkan untuk kawasan Asia,
Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar kelima di
bawah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan.
Agar
dapat terhubung dengan internet, sebuah komputer harus dilengkapi dengan
perangkat-perangkat keras sebagai alat komunikasi komputer dengan internet dan
perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di internet.
Selain itu, agar dapat terkoneksi dengan internet, kita harus menggunakan
layanan koneksi internet dari sebuah perusahaan jasa layanan internet.
B. Pengertian Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan
jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran
dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan
tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat
tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak
non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya
dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan
pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari
kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh.
Tujuan
dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan
jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang
dikembangkan di lingkungan di Indonesia yakni bekerja dengan sama mitra-mitra
lainnya.
Belajar
jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas
yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya saja Universitas Terbuka.
Penggunaan
teknologi informasi dalam menunjang suatu sistem pendidikan jarak jauh harus
diperhatikan dari bentuk pendidikan yang diberikan. Suatu kursus bahasa Inggris
salah satunya, pada akhir sekolah siswa dituntut untuk mempunyai reading dan
listening skill yang baik, untuk itu medianya dapat berupa sound, gambar dan
bentuk multimedia lainnya yang dapat di kirimkan melalui internet.
C. Faktor yang Harus Terpenuhi Sebagai
Media Belajar Jarak Jauh
Faktor
utama dalam Pendidikan jarak jauh secara online yang dikenal sebagai distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
guru dan siswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan
untuk melakukan interaksi antara guru dan siswa baik dalam bentuk real time
(waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam
suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan
online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion
group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara diatas interaksi guru dan
siswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk
materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke
dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat
di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh
guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administratif
juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online.
Ada
beberapa faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai
media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain sebagai berikut.
1. Institusi Penyelenggara
Agar
dapat memanfaatkan internet sebagai media belajar, institusi penyelenggara
harus memiliki komitmen yang kuat. Hal ini ditandai dengan kebijakan-kebijakan
yang mendukung. Institusi juga harus menyediakan dana yang cukup demi
terselenggaranya pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan internet.
Institusi
harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya proses belajar.
Di samping itu, institusi juga harus menyediakan sumber daya manusia dan
keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar-mengajar yang baik.
2. Pengajar
Keberhasilan
proses belajar jarak jauh sangat tergantung kepada para pengajar. Para pengajar
harus mempunyai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses
belajar-mengajar. Para pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar
menarik dan mudah dipahami. Karena bagaimanapun, belajar melalui internet
tidaklah sama dengan belajar secara konvensional.
Para
pengajar juga perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga
dibekali pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan. Dengan demikian, para
pengajar dapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih
efektif kepada para siswa yang diajarkannya..
3. Siswa
Siswa
harus mempunyai komitmen dalam proses belajar. Selain itu, siswa harus dilengkapai
dengan kemampuan untuk menggunakan internet. Selain itu, siswa juga harus
memiliki kemauan untuk belajar. Dengan
demikian, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.
4. Teknologi
Faktor
teknologi juga merupakan faktor yang penting bagi terselenggaranya belajar
jarak jauh dengan menggunakan internet. Teknologi yang ada saat ini
memungkinkan untuk dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup
memadai. Pemanfaatan teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses belajar
jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.
D. Peranan Internet Bagi Siswa
Ada
dua peranan internet yang sangat penting, yakni : (1) sebagai sumber data dan
informasi, dan (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai
jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses
informasi apa pun di internet. Contohnya saja, siswa yang mengalami kesulitan
dalam dalam sebuah matapelajaran atau ada hal yang ingin diketahuinya, siswa
tersebut tinggal mencari informasi di internet dengan memasukkan alamat website yang berhubungan dengan
matapelajaran tersebut. Situs yang berhubungan dengan matapelajaran tersebut
pun akan dimunculkan, tinggal mencari penjelasan yang diinginkan. Bahkan, jika
ingin, kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar
dapat diakses oleh orang lain.
Dengan
menggunakan internet kita dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas
dan sedang berkembang secara cepat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara
masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh
dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita dapat menyebarkan (publish)
informasi yang bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu
singkat sekali. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui
telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui
jaringan gratis "chat" yang sangat luas yaitu mIRC
Internet
dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke
komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua
computer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu
sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran
informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang singkat.
Prioritas
yang tinggi untuk membangun fasilitas komputer diseluruh sekolah-sekolah di
Indonesia dan adanya jarak yang cukup jauh antara sekolah provinsi di Indoesia,
sepertinya Internet pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi
antar sekolah, Kanwil, Kandep, dan DEPDIKNAS yaitu dapat dilakukan lewat
Internet. Beberapa sekolah telah mengambil inisiatif untuk membangun fasilitas
mereka sendiri. Berdasarkan langkah yang sudah ada ini, dan membiarkan hal itu
berkembang sendiri yaitu tetap konsisten akan kebutuhan belajar siswa kita,
maka Internet sebagai strategi yang sesuai untuk menjadi medium komunikasi yang
sah.
Pendidikan
jarak jauh secara online mengatasi keterbatasan yang ada pada jenis-jenis
pendidikan jarak jauh yang lain (yang sebenarnya juga sudah sarat teknologi),
yaitu pendidikan jarak jauh dengan satelit serta teknologi televisi. Pada kedua
teknologi di atas, siswa masih harus berjalan ke fasilitas-fasilitas
pendidikannya; sedangkan peralatannya bersifat khusus dan mahal. Kini dengan
pendidikan jarak jauh online lewat internet, siswa dapat belajar sendiri dari
rumah dengan peralatan komputer sendiri.
Perkembangan
teknologi selalu mempunyai peran yang sangat tinggi dan ikut memberikan arah
perkembangan dunia pendidikan. Dalam sejarah perkembangan pendidikan, teknologi
informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu
pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu,
seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang
direkam pada kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan teknologi informasi
saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang
baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak bergelar pada
dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan
menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari
berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test
masuk, pembayaran, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian,
diskusi, pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi
internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat
dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
E. Dampak Positif Internet Bagi Siswa
Internet
memiliki banyak dampak positif dan dampak positifnyalah yang sangat diinginkan
dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar, terutama bagi siswa, beberapa
diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Bertambahnya
pengetahuan siswa karena data yang terdapat di internet tidak terbatas;
2. Tidak
sulit mendapkan informasi;
3. Pertukaran
informasi lebih mudah;
4. Mengembangkan
kemampuan di bidang penelitian;
5. Dengan
pengetahuan yang didapatkan dari internet dapat melahirkan siswa-siswa yang
berprestasi;
6. Siswa
tidak perlu mencari banyak buku untuk untuk mendapatkan data. Cukup melalui
internet, semua data yang diinginkan atau diperlukan tersedia dan tinggal kita
ditelusuri;
7. Meningkatkan
komunikasi dengan siswa lain;
8. Meningkatkan
kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia, dll.
F. Dampak Negatif Internet Bagi Siswa
Dampak
positif internet bagi siswa sangat banyak, tapi dampak negatifnya pun tidak
kalah banyak dan satu hal, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1.
Mengurangi uang kita ntuk mendapatkan
informasi dalam internet karena memerlukan biaya;
2.
Karena banyaknya situs-situs di
internet, dapat membuat siswa tertarik untuk membuka situs yang mengacu pada
hal-hal yang berbau porno;
3.
Siswa yang suka membuka situs porno akan
merusak moralnya sendiri sebagai seorang pelajar;
4.
Game-game yang ada di internet dapat
membuat siswa lupa untuk belajar karena ketagihan;
5.
Karena lupa pelajaran yang disebabkan
oleh ketagihan main game dapat membuat nilai siswa menurun, dll.
Contoh diatas merupakan sebagian
saja dari dampak negatif dari internet bagi suatu siswa dan masih banyak dampak
negatif yang lain, tinggal kita yang harusnya menyadari agar penggunaan
internet tidak disalah gunakan karena dapat menimbulkan dampak negatif.
0 Response to "Internet, Peranan, dan Dampakya Terhadap Siswa"
Post a Comment