Penyebab Proses atau Kinerja Komputer Menjadi Lambat

Sebetulnya postingan ini berawal dari tugasku membuat artikel di salah satu lembaga yang saya ikuti, daripada mubasir yah terpakasa saya posting di blog dan sekaligus bebagi dengan pembaca hehe.. Saya mengambil judul ini karena memang laptop saya bermasalah pada saat itu alias lambat, Oke langsung saja, berikut ini beberapa penyebab komputer kita menjadi lambat meskipun banyak namun saya cuma mengambil permasalaha yang umum dan paling sering. Oke ini dia :

1. Kekurangan Memori  
 Saat komputer menjalankan sebuah program yang berat, komputer membutuhkan pula memori yang tinggi. Faktor lain yang menyebabkan komputer menjadi lambat adalah kurang atau minimnya RAM yang terpasang pada komputer anda. Kompter yang lambat bisa ditangani dengan meng-upgrade RAM komputer anda. 

2. Banyak Program yang Terinstall
Seringkali anda meng-install bermacam-macam program aplikasi di komputer anda, padahal program tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Akibatnya, komputer anda akan menjalankan banyak program pada saat pertama kali dihidupkan dan akan membebani komputer anda. Menangani hal tersebut, sebaiknya anda meng-install aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda saja. Apabilah sudah terlanjur meng-install aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan, akan lebih baik kalau aplikasi tersebut anda uninstall dengan cara masuk di Control Panel > Uninstall a Program > pilih aplikasi yang anda ingin uninstall.

3. File Temp yang Terlalu Besar
Saat mengakses internet pada komputer anda menggunakan web browser seperti Mozilla Firefox, Google Crome, Internet Explorer dan sebagainya maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. Ketika folder ini sudah sangat besar, hal ini memungkinan kinerja komputer anda menjadi lambat. Sebenarnya, anda dapat menghapus file temp secara langsung, namun solusi yang paling mudah dan efektif adalah dengan membersihkan isi folder temp tersebut menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah CCleaner. Untuk mendownload CCleaner, anda dapat membuka link ini
Cara menjalankan CCleaner adalah meng-install CCleaner yang telah anda download, kemudian buka aplikasi CCleaner, lalu klik Analyze dan tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, klik tombol Run Cleaner. 

4. Harddisk Bermasalah
Harddisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang kemungkinan menyebabkan komputer anda menjadi lambat. Masalah komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk  diantaranya karena harddisk low space, ter-fragmentasi, rpm-nya yang sudah menurun, dan harddisk error atau bad sector. Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan upgrade kapasitas harddisk dengan menambah atau mengganti harddisk anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan defragmenter pada harddisk secara berkala dengan menggunakan aplikasi bawaan windows atau aplikasi tertentu. Namun solusi yang paling baik ketika masalah harddisk anda semakin parah adalah dengan mengganti dengan harddisk yang baru.

5. Komputer Ber-virus 
Salah satu penyebab komputer menjadi lambat adalah adanya virus pada komputer anda. Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan memasang anti virus dan melakukan update anti virus secara rutin. Untuk pemasangan anti virus pada komputer anda, jangan asal memilih anti virus. Sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu anti virus yang paling handal dan ter-update. 

Itulah beberapa penyebab komputer anda menjadi lambat. Cara terbaik agar komputer anda terhindar dari masalah proses yang lambat adalah  merawat komputer anda dengan baik, selalu memberisihkan komponen-komponennya, tidak menginstall aplikasi yang tidak diperlukan, selalu meng-update anti virus, meng-upgrade komponen komputer anda dengan komponen yang lebih baik. Cara yang lebih baik jika terjadi permasalahan software adalah me-repair system operasi yang anda gunakan atau melakukan install ulang. Komputer anda akan bekerja secara maksimal dan tidak akan lambat lagi.

1 Response to "Penyebab Proses atau Kinerja Komputer Menjadi Lambat"