Macam-Macam Perangkat Output pada Komputer

Perangkat Output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar, hasil cetakan, suara, dan sebagainya. Nah berikut ini berbagai perangkat output:
 
1. Monitor
Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.
Monitor dilengkapi tombol-tombol pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan monitor. Jenis dan jumlah tombol-tombol tersebut sangat bervariasi, tergantung dari jenis dan merek monitor yang digunakan. Namun, pada umumnya, beberapa pengaturan yang ada pada monitor adalah pengaturan pencahayaan, kekontrasan gambar, posisi layar(vertical dan horizontal), dan ukuran ta,mpilan layar. 
Komputer membuat tampilan tejs, bilangan, atau gambar dengan cara menggabungkan elemen-elemen kecil yang disebut dengan pixel atau sering juga disebut dengan pels. Semakin banyak pixel dari sebuah tampilan teks, bilangan, atau gambar, semakin baik tampilan tersebut. 
Tampilan di layar monitor diukur dengan satauan pixel. Monitor dengan resolusi rendah umumnya menampilkan tampilan di layar dengan ukuran 640 x 480 pixel, sehingga item-item yang ditampilkan kelihatan besar dan kurang tajam. Sedangkan monitor dengan resolusi tinggi umunya memberian tampilan dalam ukuran 1024 x 768 pixel dan menampilkan item-ite dengan ukuran kecil, sehingga lebih banyak item-item yang dapat ditampilkan serta lebih tajam dan jelas. Saat ini, teknologi layar lebar (wide sreen) dan layar datar (flat screen) telahbanyak digunakan pada monitor. Teknologi ini memberikan tampilan layar monitor yang lebih lebar dan radiasi yang lebih rendah, sehingga lebih banyak bagian yang dapat ditampilkan di layar monitor dan lebih nyaman bagimata pengguna. Resolusi yang umum digunakan pada monitor dengan layar lebar adalah 1280 x 768 pixel. Namun, kelemahan dari monitor jenis ini adalah harganya yang relative lebih mahal bila dibandingkan dengan monitor biasa 
 
2. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan gambar. 
Printer dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB. Selain dihubungkan ke komputer, printer juga harus dihubungkan ke sumber listrik. Sebelum dapat digunakan, sebuah printer harus dikenali oleh sistem operasi komputer. Karena itu, setelah dihubungkan dengan komputer, kita harus menginstal drivernya terlebih dahulu.  
Saat ini, ada banyak merek printer yang beredar di pasaran. Ada beberapa criteria yang perlu kita perhatikan untuk memilih sebuah printer, yaitu jenis printer, ketajaman hasil cetakan, kecepatan mencetak, dan harga. Dari cara sebuah printer  menghasilkan cetakan, ada tiga jewnis printer, taitu dot-matrikx, injet, dan laser jet. Printer dot-matrix menimbulkan kebisingan yang lebih besar dibandingkan dengan printer injet dan laser jet. Dari segi kualitas cetakan, printer laser menghasilkan cetakan yang lebih baik daripada injet. Kelamahan dari printer laser adalah harganya yang mahal. 
Ketajaman hasil cetakan diukur dengan satuan dpi atau dot per inch atau banyaknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi dari sebuah printer, akan semakin tajam cetakan yang dihasilkan. Kecepatan mencetak diukur dengan satuan ppm atau page per minute atau halaman per menit. Semakin tinggi ppm sebuah printer maka semakin banyak halaman yang dicetak dalam satu menit, atau semakin cepat proses pencetakan. 
 
3. Infocus
Hampir sama dengan tugas Monitor hanya saja infocus tidak langsung menampilkan gambar... melainkan gambar yang ada terlebih dahulu di pantulkan ke tembok atau papan.. baru bisa di lihat hasilnya, biasanya digunakan untuk mempersentasikan suatu tugas/proyek.. karena gambar yang dihasilkan jauh lebih besar   
 
4. Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Kita dapat mendengarkan lagu atau musik yang diputar di komputer jika komputer kita mempunyai speaker. Jenis lain dari speker adalah headset atau earphone. Bedanya, suara dari headset hanya dapat didenganr oleh orang yang menggunakannya.

1 Response to "Macam-Macam Perangkat Output pada Komputer"