Cara Memaksimalkan Kinerja Windows 8

Windows 8 merupakan versi Windows yang paling baru sekarang ini yang hadir dengan berbagai kelebihan, salah satu kelebihannya adalah tampilan dari User Interface-nya. Tapi kadang kita mengalami sedikit masalah pada windows 8 kita sering lambat. Dalam masalah seperti ini ada beberapa tips yang akan saya berikan dalam mempercepat Kinerja windows 8 kita.

1. Install Antivirus 
Dengan adanya berbagai jenis virus, spyware dan trojan yang sekarang sedang beredar, hal ini akan sangat mungkin mempengaruhi kinerja pada PC Anda. Jadi cara untuk menghindari supaya tidak sampai terkena sebuah masalah ini, Anda dapat menginstall terlebih dahulu antivirus yang bisa memberikan perlindungan terhadap virus, spyware, trojan dan yang terutama adalah dapat memberikan keamanan agar terhindar dari  sebuah situs web yang berbahaya secara online.
2. Dengan Melakukan Disk Cleanup 
Dengan melakukan sebuah pembersihan  terhadap file temporary ataupun cache dengan berkala maka hal ini  tidak langsung akan membuat sebuah Windows 8 Anda mampu berjalan menjadi lebih cepat. Lakukanlah pembersihan ini secara berkala dengan kurang lebih dua kali dalam seminggu serta lihat perubahan performanya.
3. Batasi Aplikasi Berjalan pada Belakang Layar atau Background Process 
Janganlah membiarkan aplikasi terus berjalan pada belakang layar. Tutuplah aplikasi yang sudah tidak lagi perlu digunakan. Membiarkan aplikasi tersebut berjalan pada belakang layar maka akan meningkatkan penggunaan sebuah memori serta CPU yang tentu saja pastinya akan menurunkan sebuah kinerja Windows 8.
4. Optimalkan Tampilan Visual 
Dengan memasang sebuah wallpaper yang sederhana serta tidak menggunakan sebuah screensaver maka akan terbukti membuat Windows 8 dapat berjalan lebih cepat. Anda bisa mengatur sebuah tampilan visual dengan seoptimal mungkin. Menonaktifkan sebuah animasi yang tentunya juga akan berdampak ke kinerja, tapi hal ini juga akan mengurangi kesenangan di dalam menggunakan Windows 8.
5. Update Secara Berkala Windows 8 
Melakukan update pada Windows 8 pasti akan dapat membuat windows 8  menjadi lebih cepat. Anda tidak perlu lagi menginstal semua file update yang sudah ditawarkan oleh Windows, hanya dengan meng-install update yang telah direkomendasikan. Anda dapat memilih sebuah update untuk Office opsional jika Anda juga mengingin dapat meningkatkan sebuah kinerja software Office.
6. Memperbaiki Disk Error 
Untuk memeriksa integritas file yang tersimpan di Windows 8, Anda harus memeriksa Disk Error menggunakan utilitas tertentu. Microsoft merekomendasikan untuk melakukan pengecekan ini satu minggu sekali jika Anda adalah menggunakan Windows 8 setiap hari. Berikut cara untuk melakukan checking Disk Error:
  1. Klik kanan drive yang ingin Anda cek/perbaiki dan pilih Properties.
  2. Kemudian Klik tab Tools dan klik Error Checking.
  3. Ikuti petunjuk yang ada dan mungkin perlu proses restart untuk hal ini.
7. Ready Boost 
ReadyBoost diluncurkan bersama dengan Windows Vista. Fitur ini dapat menggunakan penyimpanan Non-Volatile seperti PenDrive untuk meningkatkan kinerja dengan menambahkan lebih banyak memori ke sistem. Caranya, hubungkan perangkat USB ke PC dan jika perangkat tersebut kompatibel dengan ReadyBoost, maka akan tampil opsi “Speed up my system” ketika Anda melakukan klik kanan pada perangkat atau pada saat proses Autorun. Cukup Anda ikuti petunjuk yang ada, dan ReadyBoost terbukti bisa membuat Windows 8 lebih cepat.

Cukup sekian  Cara  Memaksimalkan Kinerja Windows 8, semoga dengan memperhatikan hal diatas dapat membuat kinerja Windows 8 anda menjadi maksimal, dan semoga postingan ini mmberikan manfaat yang banyak.

1 Response to "Cara Memaksimalkan Kinerja Windows 8"

  1. saya senang berkunjung di web ini, semoga makin maju, salam dari kami

    ReplyDelete