Instalasi Linux Debian 6.0.4 berbasis Teks



Sebelum menginstall, maka kita harus mempersiapkan alat dan  bahanya terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:
1.    Alat dan Bahan
a.    Alat
1)   PC Proccess Minimum P.III
2)   Memory RAM Minimum 512 MB
3)   DVD-ROM/RW Driver
4)   Minimum Ruang Hard Disk 8 GB
b.    Bahan
1)   CD/DVD Installer Debian
2)   Koneksi Internet (Jika Ada)
        Setelah alat dan bahannya sudah lengkap, maka  kita selanjutnya memulai tahapan penginstalan Linux Debiannya, yaitu sebagai berikut:
Ø Nyalakan PC anda, dan pada saat booting tekan tompbol F2 atau F12 atau Delete pada keyboard untuk masuk konfigurasi/settingan BIOS
Ø Aturlah Sistem Boot pada menu BIOS yang muncul, dimana dalam hal ini kita menggunakan CD/DVD-ROM/RW maka kita harus meletakkannya pertama sehingga media penyimpanan yang dibaca pertama yaitu media CD/DVD-ROM/RW

Ø Setelah mengatur BIOS PC, lalu masukkan CD/DVD installer Debian GNU/Linux. Kemudian tekan F10 untuk Save and Exit
Ø Maka akan muncul Menu Boot Installer Debian GNU/Linux
Ø Pilih Install untuk menginstall dengan Mode Text
Ø Setelah memilih menu Install, pada menu Boot Installer Debian GNU/Linux, lalu akan tampil Menu “Select a Language”, sebagai berikut:
Ø Pada Menu “Select a Language”, kemudian pilih “English”, lalu “Enter”. Setelah itu akan tampil menu “Select Your Location”:
Ø Setelah memilih “Other”, lalu akan tampil menu “Continent or Region” seperti berikut:
Ø Pada gambar diatas, pilih “Asia” lalu “Enter” setelah itu akan tampil Menu “Country, Territory or area” seperti berikut:
Ø Pada menu seperti gambar diatas, lalu pilih “Indonesia”, kemudian tekan “Enter”, lalu akan tampil menu “Country to base default locale settings on”, seperti berikut:
Ø Pada menu diatas, pastikan pilihannya pada “United States”, lalu “Enter”., kemudian akan tampil menu “keymap to use” seperti berikut:
Ø Pada menu seperti gambar diatas, pastikan Anda memilih “American English”, lalu Tekan “Enter”.
Ø Proses diatas merupakan proses mendeteksi hardware yang didukung oleh Debian GNU/Linux, sesuai dengan hardware yang terhubung dengan PC.
Ø Proses diatas merupakan proses membaca beberapa direktori paket aplikasi yang hendak digunakan untuk proses instalasi sistem dasar.
Ø Merupakan Proses membuka atau membaca komponen-komponen tambahan dalam proses Instalasi Debian GNU/Linux.
Ø Proses diatas merupakan proses dimana DHCP Client mencari DHCP Server sekaligus mengkonfigurasi Sistem Debian Linux agar dapat secara langsung terkoneksi dengan DHCP Server. Tekan saja “Enter” untuk membatalkannya.
Ø Pilih “Do not configure the network at this time”, lalu Enter. Kemudian akan tampil menu untuk memasukkan hostname/nama komputer Anda, seperti berikut:
Ø Pada menu diatas masukkan hostname/nama komputer anda, sesuai dengan keinginan Anda, contohnya “server”, atau nama instansi dan sebagainya., setelah itu tekan “Enter”.
Ø Menu diatas mengharuskan Anda untuk memasukkan password Root, maka masukkanlah password, misalnya “123456”lalu Enter
Ø Setelah itu memasukkan verifikasi password root  yaitu “123456”, lalu Enter
Ø Gambar diatas mengharuskan memasukkan nama lengkap anda, maka masukkan nama lengkap Anda misalnya “handiswan”, kemudian Enter
Ø Kemudian gambar diatas meminta untuk memasukkan username anda, maka masukkanlah username anda, misalnya “handy” lalu tekan “Enter”
Ø Maka akan diminta memasukkan password seperti berikut:
Ø Pada menu diatas, masukkan password untuk user biasa, lalu Enter. Password user biasa dapat disamakan dengan password user root., untuk pengamana sistem disarankan untuk memberikan password untuk user biasa berbeda dengan password user root.
Ø Masukkan kembali password user sesuai dengan password yang dimasukkan pada menu sebelumnya.
Ø Proses diatas merupakan proses dimana sebuah Server Waktu (Network Time Server) dicari untuk menyesuaikan waktu meliputi Tanggal dan Jam.
Ø Pada menu diatas, tentukan zona waktu yang sesuai dengan daerah Anda. Misalnya “Makassar”
Ø Proses diatas merupakan proses dimana hardware yang terhubung dengan CPU dideteksi oleh Debian.,
Ø Proses diatas merupakan proses membuka/membaca beberapa paket aplikasi yang akan digunakan untuk proses pembagian partisi atau pembuatan partisi pada hard disk.
Ø Merupakan proses persiapan partition manager, untuk memulai proses pembuatan partisi.
Ø Seperti gambar diatas, pada bagian tersebut Anda pilih “Guided partition” untuk pembagian partisi secara otomatis. Kemudian tekan “Enter
Ø Pada gambar diatas tekan “Enter”, maka akan tampil gambar seperti di bawah:
Ø Kemudian pilih “All files in one partition (recommended for new users)” untuk membagi partisi secara otomatis, lalu tekan “Enter”.
Ø Pada menu Partition Table seperti gambar diatas, semua partisi yang dibutuhkan untuk PC Server telah selesai dibuat secara otomatis, kemudian untuk melanjutkan proses installasi pilih “Finish partitioning and write changes to disk”, lalu Enter
Ø Setelah itu akan tampil menu seperti berikut:
Ø Pada menu yang ditunjukkan pada gambar diatas, terdapat pertanyaan yaitu “Write the changes to disks?”., jika Anda memilih “No”, maka akan kembali ke menu “Partition Table”, namun jika Anda memilih “Yes”, maka Anda akan melanjutkan. Pada bagian ini cukup pilih “Yes” lalu Enter
Ø Proses yang ditunjukkan pada gambar diatas, merupakan proses “Formatting Proccess”. Proses inilah yang mengeksekusi Hard disk untuk menulis partisi sesuai bentuk table partisi yang telah Anda buat. Kemudian, proses selanjutnya yaitu proses “Installing The Base System” seperti berikut:
Ø Proses diatas merupakan proses Instalasi Sistem Dasar, dan beberapa utilitas agar dapat melanjutkan proses Instalasi aplikasi berikutnya., Pada proses ini juga mencakup proses installasi “Kernel”, dan aplikasi pendukung kernel. Di sini Anda cukup menunggu hingga proses instalasi selesai.
Ø Pilih “No” lalu Enter. Kemudian akan tampil proses seperti berikut:
Ø Proses diatas merupakan proses mengkonfigurasi “source” atau sumber instalasi Aplikasi, contohnya DVD Repo atau Repo Online. Pada bagian ini “Source” aplikasi adalah DVD Installer/Repo. kemudian setelah itu akan dilanjutkan pada proses installasi Aplikasi “apt-get” dan “tasksel” untuk proses installasi aplikasi dan utilitas berikutnya.
Ø Proses diatas merupakan proses instalasi paket aplikasi atau utilitas untuk melanjutkan instalasi Aplikasi berikutnya. Setelah itu akan tampil menu “Configuring Popularity-a
Ø Pada bagian ini, Anda cukup memilih “No”, lalu Enter., Kemudian akan tampil proses seperti berikut:
Ø Proses diatas adalah proses memjalankan aplikasi “Tasksel” yang merupakan perantara proses instalasi Aplikasi lainnya. Setelah proses tersebut selesai, lalu akan tampil menu “Software Selection”, seperti berikut:
 Ø Pada menu “Software Selection” terdapat beberapa Paket Aplikasi yang dapat diikut sertakan pada proses Installasi ini., yaitu:
Graphical Desktop Environment merupakan Paket Aplikasi yang berfungsi sebagai layanan/aplikasi Desktop pada Sistem Debian GNU/Linux,
Standard System Utilities, merupakan paket aplikasi untuk Sistem Dasar dan Interface dasar Linux. Standard System Utilities ini adalah sebuah pilih Paket Aplikasi yang outputnya adalah Sistem berbasis Text.
Ø Pada menu yang ditunjukkan oleh gambar diatas, yang tercentang pada menu tersebut hanyalah “Standard System Utilities”. Untuk Menghilangkan dan memberikan centang pada paket aplikasi, tekan “Spasi”, dan selanjutnya sesuaikan pengaturan pada menu “Software Selection” seperti berikut:
Ø Pada menu “Software Selection”, yang tercentang hanyalah “Standard System Utilities”, dan setelah semua telah selesai diatur, lalu tekan Enter. Kemudian akan tampil proses instalasi Aplikasi atau utilitas System Linux, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
Ø Pada proses seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, yaitu proses dimana paket-paket aplikasi yang akan di install, diambil terlebih dahulu dari DVD Installer atau DVD Repository, proses ini juga dapat disebut proses “Retrieving File”. Setelah proses tersebut selesai, kemudian ada yang disebut proses “Unpacking, Preparing, & Configure/Installation” seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
Ø Proses seperti gambar diatas, merupakan proses Preparing, Configure, & Installation application. Proses ini adalah instalasi Utilitas yang diperlukan saat pengoperasiaan Interface text Debian GNU/Linux. Kemudian tunggu hingga tampil menu “Install the GRUB Boot Loader on a Hard disk” seperti gambar berikut:
Ø Pada menu seperti gambar diatas pilih “Yes” lalu tekan Enter., maka akan tampil proses instalasi GRUB Boot Loader seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
Ø Proses diatas ada proses Instalasi GRUB Boot loader pada Hard disk., dan proses inilah yang merupakan proses installasi terakhir dari proses installasi Debian GNU/Linux.
Ø Pada menu Akhir seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, pilih “Continue” lalu Enter. Kemudian secara otomatis PC/Laptop Anda akan di restart. Dan CD/DVD Installer Debian GNU/Linux akan keluar dengan sendirinya., kemudian tunggu hingga tampil Menu Boot Debian GNU/Linux seperti gambar berikut:
Ø Pada menu Boot seperti gambar diatas, Anda bisa memilih “Debian GNU/Linux, with Linux 2.6.32-5-686” atau tunggu hingga tampil menu login seperti berikut:
Ø Pada menu login masukan user root lalu Enter,
Ø kemudian masukkan password rootnya lalu enter.
Ø Gambar diatas telah menunjukkan bahwa proses instalasi Linux Debian telah berhasil dan telah masuk ke menu root, selanjutnya tinggal dikonfigurasi IP addressnya dan keperluan server lainnyal.

0 Response to "Instalasi Linux Debian 6.0.4 berbasis Teks"

Post a Comment