Perangkat-Perangkat Input Pada Komputer

Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses olah program atau komputer. Semakin berkembangnya teknologi informasi maka semakin banyak pula peralatan input yang dapat kita hubungkan ke komputer.

 1.      Keyboard
Keyboard adalah seperagkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Keyboard dengan desain yang baik adalah keyboard yang memungkinkan kita dapat bekerja dengan nyaman. Tombol-tombol keyboard tersebut memungkinkan kita dapat bekerja dengan nyaman.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

2.      Mouse
Sejak diperkenalkanmya komputer dengan tampilan grafis, mouse menjadi peraalatan yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah komputer. Mouse digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah.
Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat di mouse. Saat ini, fungsi bola kecil di mouse sudah banyak digantikan dengan cahaya inframerah.
Pada bagian mouse terdapat tiga tombol, tetapi kebanyakan hanya dua tombol digunakan. Tombol ketiga di mouse telah digantikan dengan scroll yang dapat digunakan untuk menggeser tampilan layar.
Mouse berfungsi sebagai alat untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Jika kita menggerakkan bola kecil yang tersebut dalam arah horisontal, pointer akan bergerak dalam arah horisontal. Demikian pula jika kita menggerakkan mouse dalam areah vertikal, pointer mouse akan bergerak dalam arah vertikal. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan dan tidak menimbulkan efek apa-apa. Tombol kiri kebanyakan digunakan untuk menjalankan sebuah perintah. Sedangkan tombol kanan kebanyakan digunakan untuk menampilkan menu  pop-up.  Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
                  
3.      Joy stick
Joystick adalah peralatan yag digunakan untuk menjalankan program game di komputer. Menggunakan joystick akan terasa lebih seru dan menyenangkan, terutama pada game-game simulasi yang memancing kita untuk ikut bergerak, game balap motor, balap mobil, perang dengan menggunakan pesawat tempur, dan sebagainya.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

4.      Scanner
Scanner digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning tersebut, kita akan mendapatkan sebuah file gambar.
Saat ini,  scanner tidak hanya digunakan untuk memindai foto atau gambar tetapi digunakan untuk memindai teks. Kita dapat menscan teks, kemudian dengan bantuan program Omni Pages, kita dapat mengubah file gmbar yang dihasilkan scanner menjadi file dokumen. Selanjutnya, kita dapat mengedit teks di file dokumen tersebut.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

5.      Bar Code Reader
Bar Code Reader adalah mesin pembaca kode dalam bentuk kumpulan batang. Metode pengkodean yang dinyatakan dalam bentuk garis-garis yang berbeda satu sama lain dan pembacaannya dilakukan dengan bantuan sarana optik yang disebut dengan barcode reader. Biasanya digunakan dalam pengkodean barang di supermarket, kartu, kode pos pada amplop, dsb.

6.      Voice Recoghnitien
Voice Recohnitien adalah pengenal suara. Kemampuan mengenal secara spesifik suara individual, mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari I.
      
7.      Touch Screen
Touch Sreen adalah layar sentuh. Layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada touch screen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.

8.      Kamera Digital
Kamera Digital adalah perangkat yang dapat menghasilkan foto digital yang dapat langsung dikirim ke komputer.
Dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

9.      Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara
           
10.  Light Pen
Light Pen merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima masukannya. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel tersebut dihubungkan langsung ke computer. Cara kerja alat ini adalah sebagai berikut: Bila ujung pena ini kita bawa ke layar monitor, sampai dengan jarak yang cukup dekat, maka apabila kita menggerakan pena ini di layar, akan terdapat gambar ataupun tulisan hasil goresan yang kita buat tadi.

11.  Digitizer
Digitizer adalah iranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer.

12.  Trackball
Trackball adalah peralatan input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse.



1 Response to "Perangkat-Perangkat Input Pada Komputer"